Layanan Psikotes dan Biro Psikologi Pendidikan di Depok

WA 0815 8443 9316 Layanan Psikotes dan Biro Psikologi Pendidikan di Depok, Jasa Tes Seleksi, Bimbingan Konseling, Assessment dan Recruitment Terbaik.

Layanan Psikotes dan Biro Psikologi Pendidikan di Depok

Hubungi WA 0815 8443 9316 untuk Informasi Mengenai Jasa Layanan Psikotes dan Biro Psikologi Pendidikan di Depok.
layanan-psikotes-dan-biro-psikologi-pendidikan-di-depok
Layanan Psikotes dan Biro Psikologi Pendidikan di Depok
Kami adalah Konsultan Manajemen HRD yang Memberikan Layanan Tes Psikologi, Bimbingan Konseling, Seleksi, Assessment dan Recruitment serta solusi Terbaik dan Menyeluruh dalam Pengelolaan Sumber Daya Manusia bagi Organisasi, baik Perusahaan, Pendidikan, Industri, maupun Korporasi.


Penilaian Psikologis Mampu Memberikan Kontribusi Mengenai Informasi yang Penting dalam Memahami Karakteristik dan Kemampuan Individu, Melalui Pengumpulan, Integrasi, dan Interpretasi Informasi Tentang Individu.

Informasi tersebut Diperoleh Melalui Berbagai Metode dan Tindakan, dengan Sumber-Sumber yang Relevan Ditentukan oleh Tujuan Khusus dari Evaluasi.

Sumber Informasi dapat Mencakup
  • Catatan (Misalkan Catatan Medis, Pendidikan, Pekerjaan, Hukum) yang Diperoleh dari Sumber Rujukan
  • Catatan yang Diperoleh dari Organisasi dan Lembaga Lain yang Telah Diidentifikasi Berpotensi Relevan
  • Wawancara Dilakukan dengan Orang yang Diperiksa;
  • Pengamatan Perilaku (Behavioral Observations)
  • Wawancara dengan Sumber-Sumber yang Mendukung Seperti Anggota Keluarga, Teman, Guru, dan Lainnya; dan
  • Tes Psikologis Atau Neuropsikologis Formal
Kesepakatan pada Berbagai Metode Pengukuran dan Sumber Informasi, serta Informasi yang Berbeda, Memungkinkan Terciptanya Pemahaman yang Lebih Komprehensif Tentang Individu yang Dinilai, yang pada Akhirnya Mengarah pada Kesimpulan Klinis yang Lebih Akurat dan Tepat (Misalkan Diagnosis, Rekomendasi untuk Perencanaan Perawatan).

Wawancara Klinis Tetap Menjadi Dasar dari Banyak Penilaian Psikologis dan Neuropsikologis.

Wawancara Mungkin Terstruktur, Semi Terstruktur, Atau Sifatnya Terbuka, Tetapi Tujuan Wawancara Tetap Konsisten
  • Untuk Mengidentifikasi Sifat Masalah Presentasi Klien, 
  • Untuk Mendapatkan Informasi Historis Langsung dari Peserta Ujian Mengenai Masalah tersebut, dan 
  • Untuk Mengeksplorasi Variabel Historis yang Mungkin Terkait dengan Keluhan yang Disajikan.
Selain itu, Elemen Wawancara dari Proses Penilaian Memungkinkan untuk Pengamatan Perilaku yang Mungkin Berguna dalam Menggambarkan Klien, serta Membedakan Konvergensi dengan Diagnosis yang Diketahui.

Berdasarkan Informasi dan Pengamatan yang Diperoleh dalam Wawancara, Instrumen Penilaian dapat Dipilih, Informan yang Dikuatkan Diidentifikasi, dan Catatan Sejarah Lainnya Diakui yang dapat Membantu Dokter dalam Mencapai Diagnosis.

Secara Konseptual, Wawancara Klinis Mengeksplorasi Keluhan yang Muncul (yaitu, Pertanyaan Rujukan), Menginformasikan Pemahaman Tentang Sejarah Kasus, Membantu dalam Pengembangan Hipotesis untuk Diperiksa dalam Proses Penilaian, dan Membantu dalam Penentuan Metode untuk Mengatasi Hipotesis Melalui Pengujian Formal.

Bagian Penting dari Proses Penilaian dan Fokus Laporan ini, Pengujian Psikologis Terdiri dari Administrasi Satu Atau Lebih Prosedur Standar dalam Kondisi Lingkungan Tertentu (Seperti Pencahayaan yang Tenang dan Baik) untuk Mendapatkan Sampel Perilaku yang Representatif. Pengujian Psikologis Formal Semacam itu Mungkin Melibatkan Administrasi Wawancara Standar, Kuesioner, Survei, dan/ atau Tes, yang Dipilih Berkenaan dengan Peserta Ujian Spesifik dan Keadaannya, yang Menawarkan Informasi untuk Menanggapi Pertanyaan Penilaian.

Assessment (penilaian), kemudian, Berfungsi untuk Menanggapi Pertanyaan Melalui Penggunaan Tes dan Prosedur Lainnya. Penting untuk Dicatat Bahwa Pemilihan Tes yang Tepat Membutuhkan Pemahaman Tentang Keadaan Spesifik Individu yang Dinilai, Termasuk dalam Bidang Penilaian Klinis.

Karena Alasan ini, Banyak Biro Psikologi Menahan Diri untuk Tidak Merekomendasikan Penggunaan Tes Khusus Apa Pun dalam Laporan ini. Referensi Apa Pun untuk Tes Khusus adalah untuk Memberikan Contoh Ilustratif, dan Tidak Boleh Ditafsirkan Sebagai Dukungan oleh Komite untuk Digunakan dalam Situasi Spesifik Apa Pun.
layanan-psikotes-dan-biro-psikologi-pendidikan
Team Konsultan HRD dan Biro Psikologi Pendidikan
Penentuan Seperti itu Sebaiknya Diserahkan Kepada Penilai yang Berkualifikasi yang Akrab dengan Keadaan Khusus di Sekitar Penilaian.

Layanan Biro Psikologi Pendidikan di Depok

Evaluasi Psikologis

Test Potensi Kecerdasan
Bertujuan untuk Mengukur Taraf Kecerdasan atau Potensi Intelektual yang Dimiliki Anak beserta Aspek-Aspek yang Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar. Melalui Tes Psikologi ini Kita dapat Memahami Kekuatan dan Kelemahan yang Dimiliki Anak, sehingga dapat Melakukan Langkah-Langkah Penanganan yang Diperlukan.


Penelusuran Minat dan Bakat, serta Warid Belajar
Layanan ini Bertujuan Mengidentifikasi Minat dan Potensi Anak Didik untuk Memasuki Pendidikan atau Bidang Studi Tertentu. Umumnya Diberikan Pada Calon Siswa SMU/SMK dan Calon Mahasiswa.

Seleksi Calon Siswa

Tes Kesiapan/ Kematangan Sekolah
Tes ini Ditujukan untuk Siswa Taman Kanak-Kanak yang akan Melanjutkan Pendidikan Ke Sekolah Dasar. Selain Mengidentifikasi Potensi Kecerdasannya, Tes ini Bertujuan untuk Mengetahui Tingkat Kematangan Sikap dan Mental Siswa Taman Kanak-Kanak untuk Mengikuti Pendidikan di Sekolah Dasar.
Tes seleksi calon siswa SMP
Bertujuan untuk Mengetahui Potensi Kecerdasan, Cara Belajar dan juga Profil Pribadi Calon Siswa yang dapat Mendukung Keberhasilannya dalam Belajar.
Tes seleksi calon siswa SMA
Tes ini Diberikan Kepada Siswa SMP Kelas 3, Selain untuk Mengidentifikasi Potensi Kecerdasan juga Minat dan Bakat Mereka, agar dapat Menentukan Pilihan Jurusan atau Bidang Studi yang Tepat.
Tes Seleksi calon Mahasiswa
Tes ini Diberikan Kepada Calon Mahasiswa dengan Aspek-Aspek yang Disesuaikan dengan Tuntutan Bidang Studi yang akan Diambil.

Bimbingan dan Konseling

Penjelasan Hasil Evaluasi Psikologis dan Rencana Tindak Lanjut Kepada Orang Tua dan Guru. Penjelasan ini dapat Diberikan Secara Massal Maupun Secara Individual, Tergantung dari Permintaan yang Kami Terima.
Orang Tua
Bimbingan dan Konseling Pada Orang Tua untuk Memahami Masalah yang Menghambat Proses Belajar yang Diberikan Secara Individual.
Siswa
Bimbingan dan Konseling Pada Siswa Secara Individual untuk Membantu Siswa Mengatasi Masalah-Masalah yang Dihadapi, Baik dari Aspek Motivasi, Cara Belajar Maupun Masalah dalam Lingkungan Pergaulan Sehari-Hari yang dapat Mempengaruhi Prestasi di Sekolah.
Guru
Layanan Konseling untuk Para Guru, yang Bertujuan untuk Membantu Mengidentifikasi Masalah Spesifik yang Dihadapi Para Siswa dan Langkah Penanganan yang dapat Dilakukan.

Pelatihan

Pelatihan untuk Guru
Layanan Biro Psikologi Menyelenggarakan Program-Program Pelatihan Bagi Guru, dengan Materi-Materi seperti Mengajar Efektif, Mengenal Kepribadian Anak, Manajemen Kelas, Pelatihan Profesionalisme, Pelatihan Komunikasi yang Efektif, serta Pelatihan Kreativitas dalam Belajar.
Layanan Bagi Orang Tua/ Parenting Course
Layanan Biro Psikologi juga Menyelenggarakan Program-Program Pelatihan Bagi Orang Tua Berupa Parenting Course, untuk Mendapatkan Pemahaman Terkait Tahap Perkembangan Anak, Stimulasi Tepat untuk Anak, Mengembangkan Minat dan Bakat Anak, Multiple Intelligence, serta Topik-Topik Lain Sesuai dengan Kebutuhan Orang Tua.
Pelatihan Bagi Para Siswa
Selain itu Layanan Biro Psikologi Pun Menyelenggarakan Program-Program Pelatihan Bagi Para Siswa, dengan Materi-Materi seperti Peningkatan Motivasi Berprestasi, Membentuk Pribadi yang Efektif, Public Speaking, Media Literasi, Komunikasi Interpersonal, Peningkatan Kreativitas, dan Lain-Lain Sesuai Permintaan.


Kami Hadir Memberikan Layanan bagi Klien Kami dalam Setiap Siklus Pengelolaan Sumber Daya Manusia (HRD), agar dapat Terus Tumbuh Sejalan dengan Perkembangan Organisasi.

Hubungi WA 0815 8443 9316 Layanan Psikotes dan Biro Psikologi Pendidikan di Depok
psikotes-dan-biro-psikologi-pendidikan
Layanan Konsultan HRD dan Biro Psikologi Pendidikan
Kontak WA 0815 8443 9316 Layanan Psikotes dan Biro Psikologi Pendidikan di Depok

Kami juga Melayani
Layanan Seleksi, Assessment dan Recruitment SDM di Depok
Konsultan HRD dan Lembaga Training Pelatihan SDM di Depok
Jasa Konsultan Manajemen SDM di Depok

Dengan Visi untuk Menjadi Mitra Andalan dalam Meningkatkan Nilai Tambah Sumber Daya Manusia untuk Mencapai Sasaran Organisasi (baik Perusahaan, Pendidikan, Industri, maupun Korporasi), Layanan Psikotes dan Biro Psikologi Pendidikan di Depok Berkomitmen untuk Memberikan Solusi yang Aplikatif dalam Pengelolaan Sumber Daya Manusia sesuai dengan Kebutuhan dan Karakteristik Organisasi Anda.